Selasa, 24 Februari 2009

Cara Mudah Membuat Kompos

Cara Mudah Mengolah Sampah Pasar 1

Masalah sampah menjadi salah satu permasalahan di setiap kota, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Penangangan masalah sampah yang tidak baik akan menimbulkan dampak yang luas, tidak saja bagi lingkungan, tetapi juga berdampak buruk bagi perekonomian, dan sosial. Contoh kongkrit adalah permasalahan sampah di kota Bandung beberapa waktu yang lalu.Penanganan masalah sampah sebenarnya tidak terlalu susah. Namun juga tidak sederhana. Untuk menangani masalah sampah ini diperlukan kemauan yang kuat baik dari pemerintah maupuan masyarakat. Kami ingin berbagi pengalaman tentang penanganan sampah organik pasar. Kegiatan ini adalah hasil kerjasama Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan Indonesia dengan Yayasan Danamon Peduli. Tulisan ini ditulis berdasarkan laporan dari Dian Al Arief B yang berada di lapangan selama beberapa minggu. Semoga bermanfaat.

Pasar Bunder Sragen

Pasar Bunder Sragen salah satu lokasi pe ngolahan sampah pasa r dengan PROMI

Pasar yang terletak di tengah kota sragen ini memiliki beberapa kelebihan. Pertama adalah kesadaran para pedagang pasar akan kebersihan. Setiap pedagang memiliki keranjang sampah sendiri-sendiri. Pengelola pasarpun juga menyediakan tempat sampah yang tersusun rapi dalam jarak yang dekat (3 -4 m). Perhatikan gambar di bawah ini, petugas kebersihan mengangkut sampah setiap beberapa jam sekali.

Perhatikan tong sampah yang tersusun rapi dan ada logo Danamon Peduli.

Pedagang pun sudah mulai sadar untuk memisahkan sampah organik dengan sampah non organik. Sampah sisa-sisa sayuran ditempatkan di tempat yang terpisah dengan sampah plastik.

Hal ini sangat memudahkan petugas sampah untuk sortasi sampah.

Sampah pasar yang didominasi sampah organik












Sampah non organik mudah dipisahkan

Hebatnya lagi, jika kebetulan ada sampah yang tidak terangkut oleh petugas kebersihan para pedagang dengan sukarela mengupah mbok-mbok tukang angkut untuk membuat sampah ke tempat sampah. Ongkosnya Rp. 1000 untuk setiap kali membuang sampah.

Mbok-mbok tukang angkut me mbuang sampah atas suruhan pedagang pasar.

Banyaknya sampah organik dari pasar Bunderan Sragen kurang lebih sebesar 5 ton per hari. Maka jika sampah organik ini diolah menjadi kompos maka bisa dihasilkan kurang lebih 2.5 ton kompos/hari atau kurang lebih 75 ton sebulan.

Nilai ekonominya lumayan besar juga. Misalkan saja kompos tersebut dihargai Rp. 250/kg maka nilainya mencapai Rp. 18.750.000 (Catatan:nilai ini bukan angka resmi hanya dugaan saya saja).

Selain kompos, pengolahan limbah organik pasar juga menghasilkan pupuk organik cair yang jumlahnya mencapai 180 liter/hari atau 5400 liter/bulan. Jika diasumsikan harga pupuk cair mencapai Rp. 20.000/liter maka nilainya bisa mencapai Rp. 10.800.000 /bulan (catatan: sekali lagi ini bukan angka resmi tetapi dugaan saya saja). Jika dijumlahkan maka potensi nilai ekonominya mencapai Rp. 29.550.000/bulan. Jumlah yang cukup besar. Dan saya rasa ini bisa untuk membiayai pengelolaan sampah di pasar tersebut.

Pertanyaannya kemudian adalah Siapa yang mau membeli kompos dan pupuk organik cair tersebut. Artinya bagaimana cara menjualnya dan di mana pasarnya. Sampai saat ini saya belum mendapatkan informasi yang jelas untuk hal ini.

Namun, demikian kompos dan pupuk cair ini bisa digunakan untuk banyak hal. Andaikan belum lakupun bisa digunakan untuk memupuk tanaman-tanaman di pinggir jalan, taman-taman kota,

perkantoran pemerintah, dan lain-lain. Atau melalui dinas-dinas terkait pupuk organik ini bisa diberikan kepada para petani yang ada di sragen. Banyak manfaat ganda yang diperoleh dari pengolahan sampah pasar ini.


Rumah Kompos

Untuk memperlancar kegiatan ini Yayasan Danamon Peduli membangun rumah kompos yang didesain secara khusus. Secara umum rumah kompos terdiri dari bak-bak inkubasi berjumlah sekitar 14 bak, tempat untuk menampung sampah, ruang pencacahan dan mesin pencacah, tempat untuk menampung s ampah non organik, ruang pengemasan, dan d isplay. Di dalam rumah kompos tersebut didesain pula saluran-saluran air untuk menampung air lindi yang keluar dari sampah dan ditampung di ba k fermentasi sebelum diolah menjad i pupuk cair.
















Rumah kompos yang sed ang dalam proses pembangunan.


















Bak pengomposan.


Prosedur Pengomposan

Prosedur umum pengomposan pada prinsipnya hampir sama seperti pada prosedur yang telah saya jelaskan di bagian lain . Tetapi ada sedikit modifikasi yang disesuaikan dengan karakteristik bahan yang akan dikomposkan. Langkah-langkah umumnya sebagai berikut.

1. Pengumpulan dan pemisahan sampah
Sampah dikumpulkan dari dalam pasar dan ditampung di ruang penampung an. Di tempat ini sampah non organik dipisahkan dengan sampah organik. Karena sebagian besar sampah pasar Bu nderan adala h sampah organik, tahapan ini mudah dilakukan secara manual.



















Menampung sampah sekaligus menyortir sampah non organik




2. Pencacahan Sampah
Sampah organik yang sudah terpisah dengan sampah non organik selanjutnya dicacah dengan menggunakan mesin pencacah. Tujuan dari pencacahan ini adalah untuk memperkecil dan menyeragamkan bahan baku kompos.



















3 . Penyiapan PROMI
Umumnya untuk bahan-bahan lain PROMI diencerkan dengan air , tetapi untuk sampah pasar ini PROMI tidak boleh diencerkan dengan air. Kandungan air di da lam sampah sudah cukup tinggi sehi ngga penambahan air akan kur ang baik untuk proses pengomposan. Bahan yang digunakan untuk mengencerkan PROMI adalah pasir atau tanah kering. Tanah/Pasir diayak terlebih dahulu sebelum digunakan.























4. Pecampuran PROMI di dalam Bak Pengomposan

Selanjutnya sampah yang telah dicacah dicampurkan dengan PROMI dan ditampung di bak-bak pengomposan. Sampah tidak boleh diinjak-injak, karena akan menyebabkan menjadi
padat dan kandungan udara di dalam kompos berkurang.

Setelah penuh, sampah ditutup dengan terpal plastik dan didiamkan selama 14 hari












Sampah ditutup dengan terpal plastik dan diikubasi.















Kompos matang setelah 14 hari.





5. Panen Kompos

Setelah 14 hari sampah akan berubah warna menjadi kehitaman dan menjadi lebih lunak. Kompos sampah telah cukup matang. Kompos selanjutnya dipanen dan dibawa ke tempat pengolahan lebih lanjut. Di tempat ini kompos dicacah lagi dan dikemas ke dalam karung-karung plastik.


6. Pengolahan Paska Panen
Setelah dipanen kompos dijemur untuk mengurangi kadar air kompos. Kompos yang telah kering selanjutnya dicacah agar ukurannya seragam dan menarik. Kemudain kompos dikemas ke dalam karung-karung plastik.












Penjemuran & Pengemasan



1 komentar:

  1. Soal membuat kompos atau membuat apa saja,jelasnya kan bertujuan MENGATASI PERSOALAN SAMPAH,bila betul demikian semoga cara yg ditulis ini tdk sama dengan yg lain,setahu sy se Indonesia BELUM ada yg berhasil mengatasi persoalan sampah(kecuali http://teknologitpa.blogspot.com)dgn.cara ini dimanapun persoalan sampah mesti teratasi krn cara kerjanya se jurus pd sasaran sampah yg seharusnya diatasi.Sy penemu cara ini tdk memproduksi,tdk menjual sekedar menginformasikan dan membantu bagi yg memerlukan sebageimana yg sudah 54 unit tersebar hampir se P.Jawa,tidak ada satu pun yg tidak berhasil,semuanya berhasi mengatasi sampah yg ada.Dari sampah yg sama skali tidak dpt dimanfaatkan menjadi abu(tanpa bahan bakar apapun)yg nyata nyata abu sgt dpt dimanfaatkan.

    BalasHapus